Yak, kali ini masih bakal ngembahas tentang Samsung Galaxy W I8150. Dipostingan sebelumnya yaitu DISINI ane udah bahas cara root si Wonder nah sekarang ane bakal sharing gimana caranya install CWM di Galaxy W gan. Soalnya CWM ini banyak banget gunanya, antara lain :
- Buat backup and restore data-data kita.
- Buat install CUSTOM ROM (Ntar bakal kita bahas di postingan selanjutnya).

Cara install CWM di Galaxy W ini agak ribet dikit gan ntar kita bakal ada coding dikit :D tenang aja dah cuma dikit doang kok :D.
Nih langsung tutorialnya  :

- Download dulu file CWMnya DISINI gan
- Kalau udah ya seperti biasa ekstrak file *.zip, ntar bakal ada file recovery.img , nah tu file taruh di luar /sdcard ya gan biar enak ntar kita nyarinya.
- Abis itu install aplikasi ANDROID TERMINAL EMULATOR ,download aja dari Google Play/Play Store gan.
- Buka tuh aplikasi Android Terminal Emulator, kalau dia minta allow root access pilih allow ya.
- Trus kita bakal sedikit ngoding :D ,tenang aje simple kok
- Ketik : 
            su 
- Kemudian Enter
- Terus ketik : 
            dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13
- Kemudian Enter, ntar bakal muncul angka + byte gtu.
- Kemudian exit / keluar dari aplikasi
- Reboot Galaxy W ente gan.
- Kemudian masuk ke mode recovery -> uyeeeeeee Completed

Monggo diimplementasikan, jika ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan ya gan corat coret aja dibawah :D

Cara Install CWM (ClockWorkMod) di Samsung Galaxy W I8150


Yak, kali ini masih bakal ngembahas tentang Samsung Galaxy W I8150. Dipostingan sebelumnya yaitu DISINI ane udah bahas cara root si Wonder nah sekarang ane bakal sharing gimana caranya install CWM di Galaxy W gan. Soalnya CWM ini banyak banget gunanya, antara lain :
- Buat backup and restore data-data kita.
- Buat install CUSTOM ROM (Ntar bakal kita bahas di postingan selanjutnya).

Cara install CWM di Galaxy W ini agak ribet dikit gan ntar kita bakal ada coding dikit :D tenang aja dah cuma dikit doang kok :D.
Nih langsung tutorialnya  :

- Download dulu file CWMnya DISINI gan
- Kalau udah ya seperti biasa ekstrak file *.zip, ntar bakal ada file recovery.img , nah tu file taruh di luar /sdcard ya gan biar enak ntar kita nyarinya.
- Abis itu install aplikasi ANDROID TERMINAL EMULATOR ,download aja dari Google Play/Play Store gan.
- Buka tuh aplikasi Android Terminal Emulator, kalau dia minta allow root access pilih allow ya.
- Trus kita bakal sedikit ngoding :D ,tenang aje simple kok
- Ketik : 
            su 
- Kemudian Enter
- Terus ketik : 
            dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13
- Kemudian Enter, ntar bakal muncul angka + byte gtu.
- Kemudian exit / keluar dari aplikasi
- Reboot Galaxy W ente gan.
- Kemudian masuk ke mode recovery -> uyeeeeeee Completed

Monggo diimplementasikan, jika ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan ya gan corat coret aja dibawah :D

156 comments:

  1. gan… koq codingnya muncul tulisan cannot open for write:permission denied

    naahh… itu knp gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama2 musti diketik : su
      Maksudnya "su" disini, biar dia masuk sebagai super user seperti di Linux men.
      Jadi urutan codingnya :

      - su
      - dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13

      2 baris diatas men :D
      Monggo dicoba lagi

      Delete
    2. Gan kok gue gak bisa pake download pake hh? Kalo pake wifi bisa gan.

      Delete
  2. Cara ngetiknya gimana gan? Gak ada huruf nya / keyboardnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Android Terminal Emulatornya di close dulu gan, dimatiin prosesnya , biasanya ane juga kek gtu keyboardnya gak muncul. Kalau masih gak muncul keyboardnya, restart dulu Gal W nya trus buka lagi Android Terminal Emulatornya :d

      Delete
  3. Susah bngt nih install cwm nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susahnya yg mana gan ? Yang penting udah ikutin cara diatas lancar kok :d

      Delete
  4. gan gw install cwm ox gk bs2 ci.
    tolong whats up donk gan.
    089614450192

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisanya dibagian mana gan ?
      Add FB / Twitter ane aja gan tuh di POJOK KIRI ATAS blog ini, klik aja logo FB / Twitternya,, Whatsapp lagi puasa ..wkwkwkwk

      Delete
  5. emulator udh ane tulis sesusai di ats gan.
    tp munculnya ayk gni.
    cannot open for read: no such file or directory
    gtu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasusnya sama ama Mas yg diatas tuh gan..
      agan musti ketik "su" tanpa tanda petik dulu, maksud dari "su" agar kita bisa masuk sebagai SUPER USER sama seperti di Linux.
      Mungkin gara2 tulisannya kekecilan makanya "su" nya gak keliatan, nih scriptnya gan cuma 2 baris :

      su
      dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13

      Penjelasan :
      1. Ketik "su" tanpa tanda petik, kemudian ENTER
      2. Kemudian ketik script berikut :

      dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13

      Kemudian ENTER

      Monggo dicoba gan :d

      Delete
  6. Kok saya nda bisa download cwm nya ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak gak bisa mas? link downloadnya aman2 aja kok..soalnya ane taruh di dropbox.
      Ni linknya mas :

      https://www.dropbox.com/s/9c92owvf17tu04i/CWMSamsungGalaxyWI8150.rar

      Delete
  7. Saya udh coba mas, tapi kok tetep aja ya recovery mode bawaan yg muncul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ikutin tutor yang diatas dengan benar mas?
      Udah tw kan cara masuk ke mode recovery mas?

      Saya kira kalau 2 pertanyaan diatas udah dilakuin dengan benar, ntar insyallah bakal sukses dah.
      Ikutin langkah2nya pelan2 mas :d

      Delete
  8. Mantap gan wonder ane berhasil, hanya ane mw nanya gimana caranya agar aplikadi yg terinstall masuk di ext SD card soalnya internal memory wonder hanya 2 GB gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakek aplikasi App2SD gan, cari di Play Store :d

      Delete
  9. aku gak bisa gan. masalahnya sama kaya Suhandi Prayitno.
    udah tak ketik sesuai petunjuk gan. bantuanya donk

    ReplyDelete
  10. INTINYA disini gan

    - Buka aplikasi Android Terminal Emulator, kalau dia minta "ALLOW ROOT ACCESS" pilih ALLOW.
    - Kemudian ketikkan script berikut, ni script 2 huruf ni yg biasanya pada lupa, soalnya nih yg buat kita jadi masuk sebagai SUPERUSER

    Ni scriptnya :

    su
    dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13

    SCRIPTnya 2 baris diatas.
    PENJELASAN :

    1. Ketik "su" tanpa tanda petik, kemudian ENTER
    2. Kemudian ketik script berikut :

    dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13

    Kemudian ENTER

    ReplyDelete
  11. gan gue maw nanya nie.gue dah coba ikutin ptnjukya d atas semuanya (^Ő^)/ ŐĶĂŶ...., scripnya. nah pas dah kluar dr emulatorya gue bingung .yg ptnjk trkhirya suruh reboot recovery nya......
    gmna ni gan cra reboot recoveriny.


    Thanks gan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nih gan liat disini, liat cara pas masuk ke Recovery Mode/ CWM modenya:
      http://officialitoru.blogspot.com/2013/04/cara-root-samsung-galaxy-wonder-i8150.html

      :d

      Delete
  12. ap perlu kita ketik sendiri reboot recoverynya

    trus klik enter gitu kah gan....


    thanks . :)

    ReplyDelete
  13. (^Ő^)/ ŐĶĂŶ...., gan »»» (o '⌣' ) (y) $ìíîp.

    thanks gan atas pncrahanya. soaly kmrin galaxy ane bru Q root,trus browsing" ....ehh....ktmu blog agan :).lngsg Q cba instal CWM nya itu .

    oya gan...... mau nanya lagi ni.gmana cray update galaxy W ke jelly bean .biar gnti Os nya si jelly ,tp tnpa PC. kira" bsa gk gan Y.

    soaly kmrin sy liht d youtub,tmplanya krn + Os nya jelly lg 4.1.2 klu gk slh


    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ane pakek ini gan buat Jelly Beans
      http://officialitoru.blogspot.com/2013/04/install-jelly-bean-custom-rom.html

      Tanpa PC bisa, tapi terlalu beresiko gan :>)

      Delete
  14. mau tanya gan. play store ane kok ga bisa buat donload ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry gan sudah bisa.. makasih buat blog agan

      Delete
    2. :D sama2 gan :D.. .makasih dah mampir ya :d

      Delete
    3. gan pas di ketik su kok not found

      Delete
  15. mf ni gan nanya lg,

    soaly galaxy W ane lum ane instal CWM nya .ane msh mkir" gan klo slh mencet akbty hp bsa fatal atau gk...???

    d ptnjky trakhir d "reboot" trus msuk recovery mode. stlah it klik ap lg gan....

    gmna cra mengtahuiya CWM nya sdh trinstal d hp.....????


    klu mau kluar dr "recovery mode" apkah hrs "reboot system now" sma kya langkah me root gan.....???

    klau bsa ksh gmbr screnshootya gan :) .

    blh mnta no hpy gan :) .

    thanks. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bakal fatal kok gan, tapi ya jangan sampai salah pencet, ikutin tutorial diatas kok..
      Kalau udah ke Install CWM ya seperti gambar diatas dipostingan saya tersebut gan, ada menu banyak gtu :>)

      Delete
  16. Keyboardnya gak muncul gan gimana ? ane udah restar tu hp tapi masih aja gak nongol

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba Android-terminal emulatornya dimatiin prosess backgroundnya mas.. abis itu dicoba lagi :>)

      Delete
  17. gan ane dah ikutn ptnjky sprt d atas.

    tp k msh recovey standarty y gan.....???

    ap msalah file CWM ny y gan.....cos file hsl dwnloadnya kan formaty rar. ap file CWM ny yg rar td d renam/ekstrak ke zip dlu ,bru hsly recivery.img d taruh d sdcard gtu kah gan......???

    tlg pencerahany Y gan.

    thsnks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis didownload -> abis itu di Ekstrak mas, ntar bakal nongol file yg namanya "recovery.img". Kalau udah dapet tuh file baru ikutin cara diatas.
      Intinya kalau mau berhasil oprek android musti lakuin STEP BY STEP + SABAR .. Gak boleh keburu, liatin point demi point mas :d

      Delete
    2. macam mana kalau su sudah ditaip tapi dia keluar ayat "su not found"

      Delete
  18. mas nanya lg nie :>)

    file CWM nya dah Q ekstrak ,isiy " recovery.img " trus sya taruh d" mnt/sdcard "

    stlah sya cek instalany d recovery mode - > apply from sdcard -> sya cri file " recovery.img " k gk ad y mas.

    kira" apanya yg slah mas.....???

    tlg pncerahany mas.

    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heh? di tutor saya yg diatas gak ada tak suruh apply from sdcard deh mas...Coba baca tutorialnya yg bener deh

      Delete
  19. y makanya itu mas sya jg bingung :d klau ngecek instalan CWM dah trinstal atau blum....??

    d tutorialnya mas kan yg trakhir sruh cek d recovery mode.
    kalau d covery mode aja msh recovery standatnya mas.mkanya sy cba cri d apply from sdcardnya mas :d
    brarti d hp ane msh blm trinstal CWM nya :d

    apa msalahya ad anti virus d hp sya y mas.....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk...y gk bisa maen apply from sdcard mas kalau mw install CWM sesuai tutor yg ane bikin ..Kalau abis direstart trus masnya masih nemuin mode Recovery standar ya berarti masnya belum berhasil install tuh CWM..coba diulang dari awal. Ya urutan kalau mau oprek HH Android mah :
      1. Harus di ROOT dulu
      2. Kemudian install CWM
      3. Baru install CUSTOM ROM, Kernel, dkk :>)

      dicoba lagi aja mas, ulang cara install CWMnya

      Delete
  20. gan kok susah bgt sih gmana caranya? ane udh ikutin perintahnya tapi gagal trus

    ReplyDelete
  21. oiya gan ane udh bisa, tpi yg ane cwm nya gak ada pilihan power off sama +++go back+++ itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk masalah gan kalau gk ada pilihan power off + go back, yg penting ada pilihan lain yg diatas. yg penting udah tampilannya udah beda sama mode recovery sebelumnya :d

      Delete
  22. k msh gk bsa y mas instal CWM nya.

    dah Q ulangi smpe 10 x gk bsa".

    tampilanya msh " android recovery <3e "

    " android recovery utility "

    msh bawa'anya mas.... :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk...aneh banget gan..masak 10x blum bisa juga... dicoba lagi ampe bisa gan :d

      Delete
  23. alhamdulilah gan akhirnya dpt jg instal CWM nya gan :> )

    gk taw nya letak slahnya dsni gan " blk0p13 "

    gue nlisny gni gan " blkop13 " . yg ni " 0 " aku kira hruf gan.gk taw nya angka to .

    ckakakakakak.....

    oalahh....alah.....tiwas nekQ instal peng 10 ora kenek" jbule mung sepele msalah e " 0 " aku nlis e " o " :d

    nganti mumet gan nek ku mikir.

    matur tengkiu y gan pencerahany . :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk...kandani og mas ..musti alon2 le nggarap :-d

      Congratz mas :d

      Delete
  24. la yo mas,twas nk ku mkir sampe ngelu mas"....

    oya mas tnya lg ni.
    instal ROM Jelly bean d tutorialnya mas itu.bnyak bug nya gk....??
    sya lihat d coment" k bnyak msalahny mas.dr apps force close,gk bsa dwnlod d google N lain".....

    klo agan sndri bnyak msalah gk d upgrad tan jelly bean pnya agan.....??

    tlg pncrahany mas....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg namanya Custom ROM pasti ada bug mas, gk mungkin gk ada bugnya.
      Kalau app force close emang wajar kadang ada app yg gak support karena OSnya Custom

      Delete
  25. oww...gtu to.

    mas udh cba pkai custom ROM Monster v10....??
    ktanya itu custom ROM yg plg ok dan cpat sa'at bka N ttup apps nya N ktany jga gk ad bnyak bug nya mas.

    enk an Rom cyanogenmod pa Monster y gan....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah blum coba mas, ane pernah coba yg :
      - CM10
      - MIUIJB3.2.22
      - RemICSJB
      - Touchwi5(S4)
      - XperiaV31

      tuh doang gan yg pernah ane coba :d

      Delete
  26. mas ketika di tekan su dan di enter keluar not found

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kok... udah diikutin tutorialnya mas?
      Udah di root kan ? :d

      Delete
  27. gan.,kog cwm formatnya .rar bkan nya .zip

    ReplyDelete
    Replies
    1. :>) gpp gan gk ngaruh, yg penting di ekstrak aja..ntar bakal nongol file "recovery.img"

      Delete
  28. siip gan.,klo mau custom rom nnti dta" bsa hilang smua ya gan

    ReplyDelete
  29. ane mau cba instal rom gan.
    sblum ane instal tu rom ,gmana cranya nge back up data" yang ad d android gan....

    atau pakai aplikasi lain gan?tlg pncrahanya mas :)

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakek :

      1. Backup melalui CWM bisa, kan ada menu Backup and Restore.
      2. Backup pakek Titanium Backup
      3. Backup langsung ke PC/Laptop data2 ente gan

      1 lagi lupa ane namanya buat backup aplikasi jadi file *.apk $-)

      Delete
  30. ok gan ntar tak coba e dlu.

    oya gan ,cba agan buka almt ni.ini custom rom apa gan.....


    www.ngopiholic.com/2013/06/android-best-rom-untuk-galaxy-wonder.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren gan ..keknya custom ROM XPERIA UI ya namanya :>) ..bikinan CyanogenMod gan

      Delete
    2. mas admin mau tanya kalo custom ROM yang link diatas bisa gak buat galaxy w?

      Delete
  31. udah cba blum gan instal costum Rom yg Xperia UI.....

    ReplyDelete
  32. ga bisa bang ;-(
    tiap dienter ga ada pengaruh apa apa malah cant read blablabla
    screen capture dong b-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah banyak kasus yg kek gtu gan...tuh diatas..tu dikarenakan :
      1. pas baru buka aplikasi Android Terminal Emulator pas dia ada pilihan ALLOW ROOT ACCES pilih ALLOW jangan DENY
      2. Kemudian ketik nih 2 huruf dscriptnya "su" TANPA TANDA PETIK, "su" biar dia bisa masuk sebagai Super User, tekan ENTER
      3. abis itu baru masukin nih script :
      dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p1

      Kemudian ENTER
      THE END :d

      Delete
  33. gan ane mnta tlg ni .

    mau instal custom Rom k msh deg" an,tkut hp ane briik N fatal gan. :d

    hubungi ane y gan .lwat whatsapp,wechat,nimbuzz,skype .

    ni no hp ane gan. +60178030351

    oya gan ktanya Rom cyanogenMod 10.1 yg os nya 4.2.2 ktanya gk ad bugnya, bnarkah itu gan.....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah ngikutin CARA ROOT + CARA INSTALL CWM + CARA INSTALL CM10 JellyBeans dengan SABAR dan HATI2 Insyallah Lancar kok gan.
      CM10.1 v 4.2.2 ane belum coba gan, tapi kalau menurut ane sih yg namanya CUSTOM ROM PASTI ada bugnya, gak bakal 100% FIX :d

      Add aja FB/Twitter ane gan, tuh dipojok kiri atas di widget "FIND ME" :>)

      Delete
  34. FB agan dh Q add,tp lum agan knfrmsi nuw :d..

    tu FB ane yg nmay " mas eko kharismamoe "

    ReplyDelete
  35. thanks y gan. :d

    klo pkai twit ane lum fham gan :>)

    utek" ae gan iso ne :d

    ReplyDelete
  36. Abs nyoba cara ini malah g bisa masuk recovery more ;-( :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak gk bsa gan... rata2 pada gagal tuh gara2 KURANG MEMPERHATIKAN SECARA SEKSAMA tutorial yang diberikan gan, STEP by STEP diperhatikan 1 per 1

      Delete
  37. udh berhasil, kmaren cman krang lama nekannya..
    Thanks :D

    ReplyDelete
  38. gan tolong bantu saya gan
    kemaren kan udah berhasil ke jely ben ya sebelumnya ne udah backup semua datanya dan tadi malem ane coba balikin kesemula pakek backup.annya itu berhasil gan datanya kembali lagi dan menjadi gingerberd lagi
    lah ini tadi saya balikin ke jely ben dan udah berhasil tapi ane pengen balikin lagi ke aslinya pakek backup.an tadi sebelumnya backupnnya udah ane copy ke laptp (clockworkmod) karena memori penuh setelah itu saya pindahkan lagi ke memori saya lagi gan tapi pas ane restore kok gak bisa gak jalan apa2 gan
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  39. ane mau tanya gan, kernel itu apa sih? apa perlu instal kernel setelah install jelly bean custom?? maaf gan ane newbie banget [-( ;-( mohon pencerahannya ya gan (p) :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini monggo diliat bedanya apa gan, soalnya nih dari website gudangnya para master android :>)

      http://forum.xda-developers.com/sitesearch.php?q=different%20between%20custom%20ROM%20and%20Kernel

      Delete
    2. oke gan, matur nuwun.. :) (h)

      Delete
  40. Cara masuk ke mode CWM gmn gan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. diatas dah dijelasin gan, klik pada kata-kata "mode recovery" yang tulisannya warna orange, ntar bakal lari ke link yang jelasin cara masuk ke mode CWM :d :
      - Kemudian masuk ke mode recovery -> uyeeeeeee Completed

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. gan itu back up to external sdcard boleh2 aja ya gan ga masalah gan ?
    soalnya barusan ane backup nya kesitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk masalah gan, tapi ntar pas mau restore external SDnya musti tetep yg sama pas kita backup :>)

      Delete
    2. pas di restore kok balik ke awal lagi gan ?
      maksudnya tuh aplikasi yg udah ane download dan install dibalikin lagi , giana tuh gan ?

      Delete
    3. balik awal gmn mksdnya gan ?
      balik awal gk ada aplikasinya ?
      Kalau ane biasanya backup aplikasinya jadi file *.apk, tapi lupa kemaren apa nama aplikasinya .wkwkwkwkwk :>) , jadi ntar semua aplikasi yang udah kita install dari playstore bakal jadi file *.apk

      Delete
  43. Mas bro coding nya itu dapat digunakan untuk jenis hape lain atau tidak. misalkan untuk galaxy tab 2 tetapi dengan recovery.img yang sesuai tentunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.sebaiknya jangan mas,,soalnya biasanya, beda HH beda caranya, ntar kalau di implementasikan ke HH laen malah modar ntar HH nya :>)
      Tutor yang tak buat KHUSUS, JUST, ONLY untuk Samsung Galaxy W I8150 Mas :-d

      Delete
  44. mas , yg d download dri HH ap dri laptop mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download ke laptop dulu, abis itu pindahin k HH mas :d

      Delete
  45. kok mmcnya gak bisa d browse pake file manager ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakek file manager yang laen mas, pakek 3/4 ntar bandingkan yg mana bisa menampilkannya, soalnya biasanya ada file manager yang default folder /root nya yg gk langsung ke /sdcard gtu :d

      Delete
  46. om gmna carax ngmbalikan ke mode recovery standard,,,aq ga nyaman sama cwm ...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti di Flashing/Install ulang gan Gal W nya :D
      Caranya liat disini :
      http://www.officialitoru.com/2013/07/cara-install-ulangflashing-samsung.html

      Delete
  47. sukses ane gan. sangat mudah sekali lewat ATE.. dari pada lewat odin ga pernah berhasill.. kasian nih temen ane sampe nginep2 demi flashing Custom Rom.. sekali lagi thanks yaaa gaa.. :*. ane ijin repost boleh ga? nanti ane kasih sumbernya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D Ane biasanya pakek Odin gan belom pernah lewat ATE :D
      Hooh repost aja supaya ilmunya bermanfaat :D

      Delete
  48. ane juga udah flashing cusrom temen ane.. dan hasilnya no bugs 100% working.. wkowkowkow. senang kayanya kalo bisa mambantu sesama.. sekali lagi thanks ya. sebenernya tadi ane udah putus asa instal lewat Odin soalnya semua HH sams*ng bisa semua ane instal. tapi kenapa wonder ga. sekali lagi thanks sangat membantu dan recommend banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. JOZZZ ..
      Makasih udah mampir ya gan :D
      Sering2 mampir :D

      Delete
  49. Gimana nih gen . . smua di atas sdh saya ikutin tp knp tetap tidak mau?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca2 baek tutornya gan 1 per 1,
      liat juga scriptnya 1 per 1, sama errornya kek status agan2 yg di atas :D

      Delete
  50. SUKSES!!!!thank....
    Saran buat teman2 yg gagal,copas aja codingnya.

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. eah tar ku coding kan biar enak installnya.
    tar ane posting deh di blog ane..hehehehe

    ReplyDelete
  53. thx gan tutorna,,
    pas input kode di terminal emulator respondnya cannot open for read: no such file or directory, gimana solusinya gan??
    mohon pencerahan!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Check apa filenya udah ada belum ?
      2. Check nama filenya udah sama belum ?
      3. Check apa pas baru buka Android Terminal Emulator mode Super User nya udah di ALLLOW belum ?

      Coba gtu gan :D

      Delete
    2. wihhh,,
      berhasil juga gann,,
      seneng jadi nya

      Delete
    3. Alhamdulillah
      JOZZZZZZZ nak nu gan :D

      Delete
  54. Thanks gan, ane sekarang dah berhasil...
    Awalnya gagal2 mulu, trus ane modif kodenya jadi gini:
    dd if=/sdcard/external_sd/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13
    akhirnya berhasil gan, ternyata gak kebaca2 gara2 filenya memang di external sd gan...

    ReplyDelete
  55. Gan..
    Saya dah ketik su tpi kok "su not found"
    Udah di root gan.. pencerah dongg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatikan point ini gan
      - Buka tuh aplikasi Android Terminal Emulator, kalau dia minta allow root access pilih allow ya.

      Delete
  56. Kalo di xperia tipo gmana caranya, mohon petuahnya

    #wahahhaaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipo ane belum pernah gan, kmren pernahnya Miro, kalau gk salah dia minta Unlock Bootloader dulu ke Sony nya langsung, ntar di kasih code buat unlock bootloadernya, baru bisa root, abis itu install CWM :D

      Delete
  57. Makasih gan, sekali coba, langsung sukses :) allhamdulillah

    ReplyDelete
  58. coba pake coding ini dd if=//sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13 bs=4096

    ReplyDelete
  59. gan kalo mau ganti ROM apa harus nge-root hp dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAJIB gan, yg namanya ganti ROM wajib root dulu, abis itu musti di install CWMnya baru abis itu ganti ROM

      Delete
  60. thx.. sukses.. btw klo udh ke instal CWMnya blh di uninstal g android terminal emulatorny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk usah di uninstall gan, biarkanlah dia tetap ada :D

      Delete
  61. gan koq ada bacaan cannot open for read:no such file or directory

    tolong penjelasannya ya gan , terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diikutin step by step belum gan ?
      Liatin pelan2, trus ditiru ,letak folder filenya udah bener belum?
      Scriptnya udah belum ?

      Delete
  62. Gan baru mampir ni, ane mw tanya ane udh root hp nya trus ane mw install cwm ko gk bsa2 yA. pdahal udh ikutin tutorial nya ane udah masuk mode terminal emulator& ketik su .... gkda komfirmasi app. apanya tu gan yg salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis ketik "su" kan ada script lagi gan :

      dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13

      Pas awal buka Android Terminal Emulator, root access pilih ALLOW gan, jangan pilih DENY

      Delete
  63. Hadeeeeewwwwww udah q ikutin dgn teliti eeehhhh pas nau cek ke recovery malah jadi boootloooop gaaaannnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutinnya musti step by step, pelan2 + SABAR gan
      Kalau bootloop, coba masuk ke Recovery Mode lagi, trus di Wipe Data Factory Reset, trus di Reboot

      Delete
  64. Gan kn ane msk mode terminal emulator,trus udh mskin ntu cara yg agan ksh. ko dya keluarnya kya gni; cannot open for read:no such file or directory. itu knpa y gan

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. setelah semua selesai, berapa lama nunggu bulet-bulet 4 mondar-maindir itu?

    ReplyDelete
  67. mas, beda mode recovery CWM dengan sebelum instal CWM apa mas ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menunya lebih complete mas :D ..Kalau mw custom ROM kan kita wajib install CWM dulu :D

      Delete
  68. Kok klo ngeback up file hasil bekapanny masuk di internal ya? Gk bisa ke sdcard. Alhasil selalu gagal bekap. Soale internal cuma nyisa 296mb.. ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ane buat backup biasanya cuma :
      1. Kontak di HP
      2. Aplikasi2 yang ane install ane jadiin *.APK gan, coba ente liat disini (http://www.officialitoru.com/2013/10/backup-aplikasi-android-menjadi-apk.html)

      Pernah sekali coba backup pakek CWM tapi ya gitu gak asik :D

      Delete
  69. mantap gan sukses fulll

    ReplyDelete
  70. gagal gan,,, botlo[p hhnya...
    harus flash ulang nih jadinya.
    hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bah, kok bsa bootloop gan, step by step , pelan2 ikutin tutorialnya,,,1 by 1
      Nih buat flashingnya gan :
      http://www.officialitoru.com/2013/07/cara-install-ulangflashing-samsung.html

      Delete
  71. gan... bootlop..
    pencerarahan'y gan
    stock rom gingerbread ada gak gan... bagi gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini gan baut flashingnya
      http://adf.ly/caEto

      Delete
  72. di emulator udh ane tulis sesusai di ats gan.
    tp munculnya ayk gni.
    cannot open for read: no such file or directory
    gtu gan
    ane udh coba beberapa kali, tetep ja munculnya
    cannot open for read: no such file or directory
    mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca dibagian ini gan :
      - Buka tuh aplikasi Android Terminal Emulator, kalau dia minta allow root access pilih allow ya.


      Trus taruh filenya yg bener sesuai tutorial diatas :D
      Pelan2 aja bacanya

      Delete
  73. kalau mau install CWM mesti di root dlu ya HH nya mas?

    ReplyDelete
  74. gan ane kok udh keluar byte nya trus ane exit windows trus ane mtikan dya trus tk coba ke cwm kok ga bisa ya muncul nya mode dri hp nya

    ReplyDelete
  75. Bro ada yang sma ame artikel lu yang ini , cek aja : http://aldyfadillah96.blogspot.co.id/2013/06/cara-mudah-install-cwm-di-galaxy-w.html

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar menggunakan bahasa yang baik dan sopan.